PENGARUH CASE MANAGER TERHADAP MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH PANDANARANG BOYOLALI
Abstract
ABSTRAK : Pengambilan kebijakan rumah sakit semakin dipengaruhi oleh tuntutan terhadap pelayanan kesehatan yang bermutu. Salah satu model pelayanan kesehatan yang bisa digunakan untuk mempertahankan mutu dan menjamin kontinuitas pelayanan adalah case management system yang dilakukan oleh profesional di rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh case manager terhadap mutu pelayanan keperawatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pandan Arang Boyolali. Desain penelitian quasi eksperimen dengan menggunakan post test design with control group. Sampel penelitian ini adalah pasien rawat inap di RSUD Pandan Arang Boyolali yang ditentukan dengan tehnik purposive sampling, berjumlah 30 responden kelompok kontrol dan 30 responden kelompok intervensi. dengan kriteria sampel: pasien rawat inap, sadar dan bisa berkomunikasi dengan baik. Intervensi yang dilakukan adalah refreshing materi case manager. Analisis data menggunakan uji Independent t-test. Analisis data menunjukan ada pengaruh case manager terhadap mutu Pelayanan Keperawatan (p= 0,001). Kelompok intervensi mayoritas memberikan nilai mutu pelayanan keperawatan dengan kategori baik sebesar 60% (18 orang). Kelompok kontrol mayoritas memberikan nilai mutu pelayanan keperawatan dengan kategori cukup sebesar 73,3% (22 orang). Simpulan penelitian ini adalah ada pengaruh case manager terhadap mutu pelayanan keperawatan. Kata Kunci : Mutu Keperawatan; Case Manager
Published
2025-07-10
How to Cite
Anggraeni, T., Pujiyanto, T. I., & Sunarno, R. D. (2025). PENGARUH CASE MANAGER TERHADAP MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH PANDANARANG BOYOLALI. Jurnal Kebidanan, 17(01), 84-99. https://doi.org/10.35872/jurkeb.v17i01.876
Section
Articles
Copyright (c) 2025 Titik Anggraeni, Tri Ismu Pujiyanto, Rita Dewi Sunarno

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.