PENGARUH PEMBERIAN FEEDBACK PADA PELAKSANAAN OSCE DENGAN METODE K-NEAREST NEIGHBOR TERHADAP PERSEPSI DAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWI
Abstract
ABSTRAK Dalam proses pembelajaran mahasiswa akan mendapatkan materi teori dan praktik. Selain itu, akan ada evaluasi dengan dilaksanakannya ujian dalam bentuk CBT dan ujian praktik dengan menggunakan metode OSCE. OSCE merupakan suatu metode yang digunakan untuk menguji kompetensi klinik secara obyektif dan terstruktur dalam bentuk rotasi station dengan alokasi waktu tertentu. Dikatakan objektif karena seluruh mahasiswa diuji dengan ujian yang sama. Terstruktur karena yang diuji keterampilan klinik tertentu dengan menggunakan lembar penilaian yang spesifik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian feedback dengan metode K-Nearesh Neighbor terhadap persepsi dan motivasi belajar mahasiswi. Penelitian ini dilakukan dengan sampel total yaitu 66 mahasiswi kebidanan di STIKes Estu Utomo. Hasil penelitian didapatkan sebagai berikut, mahasiswi memiliki persepsi negatif sebanyak 18 (54,5%), yang artinya pada saat sebelum pemberian feedback dengan metode K-Nearest Neighbor mereka belum mampu menarik kesimpulan dari feedback yang diterima. Pada hasil motivasi sebanyak 24 (72,8%), yang artinya pada sebelum pemberian feedback dengan metode K-Nearest Neighbor mereka belum muncul motivasi. Kata Kunci: Feedback, K-Nearest Neighbor, OSCE, Persepsi, Motivasi Belajar, Mahasiswi Kebidanan
Published
2025-01-07
How to Cite
Kaesa Siska Hapsari, S., Maimunah, S., & Pramana, C. (2025). PENGARUH PEMBERIAN FEEDBACK PADA PELAKSANAAN OSCE DENGAN METODE K-NEAREST NEIGHBOR TERHADAP PERSEPSI DAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWI. Jurnal Kebidanan, 16(02), 183-193. https://doi.org/10.35872/jurkeb.v16i02.769
Section
Articles
Copyright (c) 2024 Shafira Kaesa Siska Hapsari, Siti Maimunah, Cipta Pramana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.