HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG STIMULASI DENGAN PERKEMBANAGAN BALITA DI PUSKESMAS JATIASIH

  • Ratna Komala Akademi Keperawatan Andakara
  • Giyawati Yulilania Okinarum Akademi Keperawatan Andakara

Abstract

Latar Belakang Periode penting dalam tumbuh kembang anak adalah masa batita. Dalam perkembangan anak terdapat masa kritis, dimana diperlukan rangsangan/stimulasi yang berguna agar potensi berkembang. Tujuan penelitian Untuk mengetahui Hubungan Tingkat Pengetahuan Tentang Stimulasi Dengan Perkembanagan Balita Di Puskesmas Jatiasih. Desain Penelitian Jenis Penelitian yang digunakan adalah Survei Analitik. Populasi dalam penelitian ini adalah semua ibu balita yang memiliki anak Usia 1-3 tahun. Sampel yang  digunakan dalam penelitan ini sebanyak 30 orang Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik Acidental Sampling. Analisa data menggunakan Analisa Uni variat dan Analisa Bivariat serta Emnggunakan Uji Statistik Speraman Rank. Hasil Penelitian Berdasarkan Analisa data yang dilakukan peneliti diperoleh hasil bahwa ibu dengan Tingkat Pengetahuan Baik dan dengan perkembangan anak sesuai terdapat 8 orang (47,1%), pada kategori tingkat penegtahuan baik dengan perkembangan anak meragukan ada 6 orang anak (75%), pada kategori tingkat Pengetahuan baik dengan kategori perkembangan anak Penyimpangan tidak ada. Kata Kunci : Tingkat Pengetahuan, Stimulasi, Perkembangan Anak
Published
2021-06-23
How to Cite
Komala, R., & Okinarum, G. Y. (2021). HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG STIMULASI DENGAN PERKEMBANAGAN BALITA DI PUSKESMAS JATIASIH. Jurnal Kebidanan, 13(01), 128-141. Retrieved from https://ejurnal.stikeseub.ac.id/index.php/jkeb/article/view/731
Section
Articles