IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SKILL LABORATORIUM
Abstract
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SKILL LABORATORIUM Erindra Budi C & Endang Listyaningsih FK Universitas Sebelas Maret Surakarta ABSTRAK Tenaga kesehatan harus terjamin kualitasnya dan terstandar secara nasional agar dapat memberikan pelayanan dengan baik. Namun masih ada keluhan dari konsumen yang dirasakan oleh pengguna jasa tentang sikap maupun ketrampilan tenaga kesehatan. Salah satu penyebab adalah kegiatan pembelajaran praktik ketrampilan di laboratorium belum dilaksanakan secara optimal. Fakultas Kedokteran UNS berusaha melakukan inovasi pembelajaran dengan mendirikan skill laboratorium/Skill lab. Skill lab merupakan suatu kegiatan pelatihan ketrampilan bagi mahasiswa dengan tujuan menyiapkan mahasiswa agar siap dengan ketrampilan – ketrampilan klinik. Skill lab di FK UNS dimulai tahun 2007 dan belum pernah dilakukan evaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengelola skills lab dalam melakukan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran ketrampilan injeksi mahasiswa FK UNS. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pemilihan metode kualitatif dimaksudkan untuk lebih menggali data dan informasi sehingga dapat diketahui pendapat dan pandangan pengelola skill lab FK UNS, instruktur, maupun mahasiswa terhadap proses pembelajaran skill lab di FK UNS pada topik ketrampila injeksi. Pengambilan data dengan cara diskusi kelompok terfokus, wawancara mendalam, observasi lapangan, analisis dokumen. Agar diperoleh data yang valid dan reliable, dilakukan triangulasi yaitu dengan cara membandingkan data dari satu narasumber dengan narasumber lain. Data yang diperoleh dari narasumber juga dibandingkan dengan data yang diperoleh dari observasi dan studi dokumen . Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian didapatkan : (1) Pengelola skills lab telah menyiapkan jadwal pembelajaran, buku pedoman praktik, instruktur yang kompeten di bidangnya, manekin Intra Cutan sudah berkurang fungsinya, jarum suntik dan obat bentuk ampul jumlahnya kurang memadai. (2) Pelaksanaan pembelajaran skill lab dibagi dalam tiga sesi yaitu terbimbing, mandiri, dan responsi. Di awal sesi terbimbing, instruktur mengecek kesiapan mahasiswa, meneliti buku rencana kerja, menjelaskan materi dan mendemonstrasikan pada manekin. Pada sesi mandiri mahasiswa berlatih sendiri tanpa didampingi instruktur. Sebagian mahasiswa kurang motivasi. Saat responsi mahasiswa mempraktikkan ketrampilan di hadapan instruktur kemudian diberi feedback. (3) Evaluasi ketrampilan dengan sistem OSCE, pengetahuan dengan uji tulis. Hasil evaluasi menunjukkan mahasiswa telah kompeten  Kata kunci : skill lab injeksi, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi
How to Cite
Cahyanto, E. B., & FK Universitas Sebelas Maret Surakarta, E. L. (1). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SKILL LABORATORIUM. Jurnal Kebidanan, 2(1). https://doi.org/10.35872/jurkeb.v2i1.73
Issue
Section
Articles