PENGARUH METODE SIMULASI TENTANG TEKNIK MENYUSUI TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN DAN KEMAMPUAN MENYUSUI PADA IBU NIFAS

  • Luluk Khusnul Dwihestie STIKES ESTU UTOMO
  • Rismawati STIKES ESTU UTOMO
  • Veronika Arista STIKES ESTU UTOMO

Abstract

ASI eksklusif merupakan upaya pencegahan permasalahan gizi pada anak. Namun, pelaksanaan program ASI eksklusif di wilayah Kalimantan Barat masih dibawah target Pemerintah sebesar 69%. Hal ini dikarenakan tingkat pengetahuan ibu tentang teknik menyusui yang masih rendah, sehingga perlu adanya upaya promosi kesehatan. Tujuan Penelitian: untuk mengetahui pengaruh edukasi dengan metode simulasi tentang teknik menyusui terhadap tingkat pengetahuan dan kemampuan menyusui pada ibu nifas. Metode penelitian: Penelitian kuantitatif dengan metode pra-eksperimental design, pendekatan rancangan one group pretest – posttest. Populasi penelitian yaitu ibu nifas hari pertama di Klinik Mulia Pontianak periode Juli – Agustus 2022. Teknik pengambilan sampel dengan non-probability sampling yaitu accidental sampling, didapatkan sampel sejumlah 31 responden. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner dan skor Latch. Analisis data menggunakan analisis univariat dan analisis bivariat dengan uji Wilcoxon test. Hasil penelitian: pengaruh edukasi dengan metode simulasi tentang teknik menyusui terhadap tingkat pengetahun pada ibu nifas dengan uji wilcoxon diperoleh nilai p-value = 0,000 < 0,005, sedangkan pengaruh edukasi dengan metode simulasi tentang teknik menyusui terhadap kemampuan menyusui pada ibu nifas dengan uji wilcoxon diperoleh p-value = 0,000 < 0,005. Simpulan: Ada pengaruh edukasi dengan metode simulasi tentang teknik menyusui terhadap tingkat pengetahuan dan kemampuan menyusui pada ibu nifas.
Published
2024-01-08
How to Cite
Khusnul Dwihestie, L., Rismawati, & Arista, V. (2024). PENGARUH METODE SIMULASI TENTANG TEKNIK MENYUSUI TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN DAN KEMAMPUAN MENYUSUI PADA IBU NIFAS. Jurnal Kebidanan, 15(02), 130-142. https://doi.org/10.35872/jurkeb.v15i02.647
Section
Articles