TRANSISI LAYANAN KAJI ETIK PENELITIAN di ERA DIGITAL
Abstract
Penelitian merupakan cara memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk meningkatkan kemaslahatan manusia. Setiap rencana penelitian yang melibatkan manusia dan hewan coba harus dilakukan kaji etik guna menjaga kemuliaan subjek. Pelayanan kaji etik oleh komite etik penelitian, mengalami perubahan dari waktu ke waktu seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi. Untuk mengetahui kualitas layanan, perlu dilakukan evaluasi tingkat kepuasan pengguna layanan etik baik bagi peneliti maupun penelaah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif survei pada peneliti dan penelaah yang terlibat dalam kelaikan etik KEPK FK UNS. Analisis data dengan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan 89,69% dari 59 peneliti dan 89,56% dari 14 penelaah setuju layanan etik KEPK FK UNS sudah baik. Persentase kepuasan peneliti menunjukkan 35.59% sangat puas, 37.29% puas dan 27,12% cukup puas. Tingkat kepuasan pada penelaah diperoleh 28.57% sangat puas, 42.86% puas dan 28.57% cukup puas. Kesimpulan penelititian ini yaitu pelayanan etik KEPK FK UNS dinilai sudah baik dan memuaskan oleh peneliti dan penelaah. Kata kunci: Izin Etik, Kelaikan Etik, Komisi Etik Penelitian, Tingkat Kepuasan
Published
2022-12-26
How to Cite
Cahyanto, E., Sudarmadji, U., Mrs. Tri, Pratiwi Wulandari, Diana Nurrohima, & Yasinta Nofia. (2022). TRANSISI LAYANAN KAJI ETIK PENELITIAN di ERA DIGITAL. Jurnal Kebidanan, 14(02), 136-144. https://doi.org/10.35872/jurkeb.v14i02.531
Section
Articles
Copyright (c) 2022 Erindra Cahyanto, Usman Sudarmadji, Mrs. Tri; Pratiwi Wulandari, Diana Nurrohima; Yasinta Nofia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.