HUBUNGAN KARAKTERISTIK ORANG TUA DENGAN PERKEMBANGAN ANAK
Abstract
ABSTRAKLatar belakang: Anak balita merupakan kelompok yang memerlukan perhatian yang lebih khusus dalam proses perkembangan dan pertumbuhannya. Apabila perkembangan dan pertumbuhan anak mengalami gangguan akan berakibat terhadap pembentukan anak yang berkualitas. Perkembangan anak memerlukan stimulasi khususnya dalam lingkungan keluarga.Tujuan: Mengetahui hubungan karakteristik orangtua dengan perkembangan anak. Metode: Jenis penelitian yaitu kuantitatif. Rancangan dalam penelitian ini adalah menggunakan desain Survai Analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh balita < 60 Bulan di Desa Ngalang Wilayah Kerja Puskesmas Gedangsari, Kabupaten Gunungkidul Tahun 2020 dengan jumlah 366 sampel, teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Analisa data menggunakan Uji Chi Square. Hasil: Berdasarkan hasil uji chi square bahwa hubungan pendidikan ayah dengan perkembangan didapatkan significancy 0,481,hubungan pendidikan ibu dengan perkembangan didapatkan nilai significancy 0,757, hubungan pekerjaan ayah dengan perkembangan didapatkan nilai significancy 0,082, hubungan pekerjaan ibu dengan perkembangan didapatkan nilai significancy 0,010, Penghasilan ayah dengan perkembangan didapatkan nilai significancy 0,793, Penghasilan ibu dengan perkembangan didapatkan nilai significancy 0,494. Simpulan: Pendidikan ayah, pendidikan ibu, pekerjaan ayah, penghasilan ayah, penghasilan ibu tidak berhubungan dengan perkembangan anak dan pekerjaan ibu berhubungan dengan perkembangan anak. Walaupun orangtua bekerja diluar rumah, sebaiknya orangtua tetap dapat memberikan waktu yang berkualitas untuk memperhatikan perkembangan anak agar perkembangan anak menjadi optimal.Kata kunci: karakteristik, orangtua, perkembangan, anakRELATIONSHIP CHARACTERISTICS OF PARENTS WITH CHILDREN'S DEVELOPMENTABSTRACTBackground: Children under five are a group that requires more special attention in the process of development and growth. If the development and growth of children who experience disruption will result in quality children's restaurants. Child development requires stimulation, especially in a family environment. Objectives : This study aims to knowing the relationship between parents and child development. Methods: This type of research is quantitative. The design in this study was to use an analytical survey design with a cross-sectional approach. The population in this study were all toddlers <60 months in Ngalang, Gedangsari, Gunungkidul in 2020 with a total of 366 samples, the sampling technique used total sampling. Data analysis using Chi-Square Test. Results: Based on the results of the chi-square test, the relationship between father's education and development has a significance of 0.481, the relationship between maternal education and development has a significance value of 0.757, the relationship between father's work and development has a significant value of 0.082, the relationship between mother's work and development has a significance value of 0.010, father's income with development got a significance value of 0.793, maternal income with the development of a significance value of 0.494. Conclusions: Father's education, mother's education, father's job, stage, mother's stage are not related to child development, and mother's work is related to child development. Even though children work outside the home, parents can provide quality time (quality time) to pay attention to the child's development so that the child is optimal.Keywords: characteristics, parents, development, childrenĀ
Published
2021-06-25
How to Cite
Sunarsih, T., Astuti, E. P., Shanti, E. F. A., & ., E. (2021). HUBUNGAN KARAKTERISTIK ORANG TUA DENGAN PERKEMBANGAN ANAK. Jurnal Kebidanan, 13(01), 24-36. https://doi.org/10.35872/jurkeb.v13i01.417
Section
Articles