HUBUNGAN INTERAKSI SOSIAL DENGAN HASIL BELAJAR MK ILMU SOSIAL DAN BUDAYA DASAR PADA MAHASISWA TINGKAT I DIPLOMA III KEBIDANAN DI POLTEKKES SURAKARTA

  • Erni Safiatun Sholikah
  • Ari Kurniarum
  • Agus Winarso Politeknik Kesehatan Surakarta Jurusan Kebidanan

Abstract

HUBUNGAN INTERAKSI SOSIAL DENGAN HASIL BELAJAR MK ILMU SOSIAL DAN BUDAYA DASAR PADA MAHASISWA TINGKAT I DIPLOMA III KEBIDANAN DI POLTEKKES SURAKARTA Erni Safiatun Sholikah,  Ari Kurniarum & Agus Winarso Politeknik Kesehatan Surakarta Jurusan Kebidanan   ABSTRAK Lingkungan institusi pendidikan merupakan lingkungan pendidikan utama, karena di sekolah berlangsung interaksi pendidikan yang paling formal. Berdasakan karakteristik interaksi sosial dan hasil belajar individu yang berbeda - beda menghadapkan individu pada perubahan - perubahan dan tuntutan - tuntutan sehingga diperlukan adanya interaksi sosial khususnya pada lingkungan pendidikan. Kesulitan dalam interaksi sosial untuk menghadapi perkembangan di lingkungan asrama maupun lingkungan kampus akan mempengaruhi hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara interaksi sosial dengan hasil belajar Mata Kuliah (MK) ilmu sosial dan budaya dasar pada mahasiswa tingkat I Diploma III Kebidanan di Poltekkes Surakarta. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Deskriptif korelasional. Populasi yang digunakan adalah 115 mahasiswa tingkat I Tahun Ajaran 2013/2014. Sampel dalam penelitian ini 40 mahasiswa, dengan pengambilan sampling alokasi (allocated sampling).Pengambilan data dengan dokumentasi dan kuisioner. Hasil korelasi kendall tau diperoleh hasil 0,445 sehingga tingkat hubungan adalah sedang dan tingkat signifikasi 0,000. Hal ini berarti (0,000 < 0,05) sehingga ada hubungan antara interaksi sosial dengan hasil belajar MK Ilmu Sosial Dan Budaya Dasar Pada Mahasiswa Tingkat I Diploma III Kebidanan Di Poltekkes Surakarta. Sehingga Kesimpulan pada penelitian ini terdapat hubungan antara interaksi sosial dengan hasil belajar dan nilai koefisien korelasi bertanda positif yang berarti bahwa semakin baik interaksi sosial mahasiswa maka hasil belajar mata kuliah ilmu sosial dan budaya dasar juga semakin baik.   Kata Kunci : Interaksi Sosial, Hasil Belajar.
How to Cite
Sholikah, E. S., Kurniarum, A., & Politeknik Kesehatan Surakarta Jurusan Kebidanan, A. W. (1). HUBUNGAN INTERAKSI SOSIAL DENGAN HASIL BELAJAR MK ILMU SOSIAL DAN BUDAYA DASAR PADA MAHASISWA TINGKAT I DIPLOMA III KEBIDANAN DI POLTEKKES SURAKARTA. Jurnal Kebidanan, 6(1). https://doi.org/10.35872/jurkeb.v6i1.131
Section
Articles