MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN DISIPLIN BELAJAR PADA MAHASISWA

  • Ida Untari
  • Endang Maningsih STIKES PKU Muhamdiyah Surakarta

Abstract

ABSTRAK Belajar merupakan suatu cara untuk menjaga kelangsungan spesies manusia. Meskipun setiap bayi yang baru dilahirkan telah membawa beberapa naluri/instink dan potensi-potensi untuk kelangsungan hidupnya, tetapi jumlahnya terbatas sekali. Prestasi belajar merupakan indikator yang penting untuk mengukur keberhasilan proses belajar mengajar. Tinggi rendahnya prestasi mahasiswa banyak dipengaruhi oleh faktor-faktor antara lain motivasi, disiplin dan cara belajar. Mahasiswa. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara motivasi berprestasi terhadap disiplin belajar mahasiswa. Metode penelitian ini berupa korelasi analitik dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling, sejumlah 50 responden. Instrumen menggunakan kuesioner. Analisa bivariate menggunakan uji Kendal Tau, Hasil penelitian membuktikan ada hubungan antara motivasi berprestasi terhadap disiplin belajar mahasiswa dengan hasilrhitung > rtabel (0,668>0,05). Hal tersebut juga dibuktikan dengan nilai p : 0,000 < 0,05 pada signifikansi 95%. Kesimpulan terdapat hubungan antara motivasi berprestasi dengan disiplin belajar. Derajat hubungan termasuk kuat atau tinggi dan arah hubungannya sebanding, artinya semakin baik motivasi berprestasi maka akan semakin baik pula disiplin belajar pada mahasiswa. Kata Kunci: Motivasi berprestasi, disiplin belajar.
How to Cite
Untari, I., & STIKES PKU Muhamdiyah Surakarta, E. M. (1). MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN DISIPLIN BELAJAR PADA MAHASISWA. Jurnal Kebidanan, 5(2). https://doi.org/10.35872/jurkeb.v5i2.118
Section
Articles