ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN FARMASI TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT UMUM NIRMALA PURBALINGGA TAHUN 2015
Abstrak
ABSTRAK Kualitas pelayanan adalah hal yang sangat penting pada sektor kesehatan. Di Instalasi Farmasi Rawat Jalan RSU Nirmala Purbalingga belum pernah dilakukan analisis kepuasan pasien rawat jalan dan pengaruh kualitas pelayanan farmasi terhadap kepuasan pasien. Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh kualitas pelayanan farmasi terhadap kepuasan pasien rawat jalan di Rumah Sakit Umum Nirmala Purbalingga tahun 2015. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 97 responden. Adapun metode pengambilan sampel dengan menggunakan metode accidental sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan menggunakan uji validitas dan uji realibilitas, uji t uji f dan analisis regresi linier berganda. Dengan menggunakan metode regresi linier berganda Y=- 5,073+0,081X1+0,127X2 dapat disimpulkan bahwa variabel daya tanggap dan variabel empati berpengaruh terhadap kepuasan pasien.Referensi
Aini, Q., Meiyanto, S., Meliala, A. 2004. Hubungan Antara Gaya Kepemimpinan Dan Komitmen Karyawan Terhadap Kepuasan Kerja Di RSU PKU Muhammadiyah Yogyakarta. JMPK. Volume ( 07 ) : halaman ( 225-229 ).
Ariadi, H. 2005. Persepsi Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Dokter Ditinjau Dari Karakteristik Dan Mutu Pelayanan Dokter Di Instalasi Rawat Jalan RSI Sunan Kudus Tahun 2005. Tesis. Universitas Diponegoro Semarang. p. 1-103.
Febriani. 2012. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi pada Pasien Poliklinik Rawat Jalan Rumah Sakit Dr. Cipto Mangunkusumo Jakarta). Skripsi. Universitas Diponegoro. Semarang.
Handayani, RS., Raharni., Gitawati, R. 2009. Persepsi Konsumen Apotek Terhadap Pelayanan Apotek Di Tiga Kota Di Indonesia. Makara, Kesehatan. Volume 13 ( No. 1 ) : halaman ( 22-26 ).
Harianto, Khasanah, N., Supardi, S. 2005. Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Resep Di Apotek Kopkar Rumah Sakit Budhi Asih Jakarta. Majalah Ilmu Kefarmasian. Volume II ( No. I ) : halaman ( 12-21 ).
Hermanto, D. 2010. Pengaruh Persepsi Mutu Pelayanan Kebidanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Kebidanan Di RSUD Dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Bulungan Kalimantan Timur. Tesis. Universitas Diponegoro Semarang. p. 1-120.
Notoatmodjo, S. 2002. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta. Rineka Cipta. p 116-136.
Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2014, Tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit; Jakarta.
Sittasari, N. 2013. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Pengiriman Produk pada Perusahaan Antarmitra Sembada Purwokerto. Karya Tulis Ilmiah.Akademi Farmasi Kusuma Husada. Purwokerto. p. 18-21.
Subekti, D. 2009. Analisis Hubungan Persepsi Mutu Pelayanan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Balai Pengobatan (BP) Umum Puskesmas Di Kabupaten Tasik Malaya Tahun 2009. Tesis. Universitas Diponegoro Semarang. p. 1-156.
Sulistyawati, NLM, dkk. 2010. Hubungan Kualitas Pelayanan Farmasi Rawat Jalan Terhadap Kepuasan dan Keputusan beli Ulang Obat Di IFRS Jala Ammari Makasar. Tesis. Universitas Hasanudin. Makasar.
Suryawati, Chriswardani. 2004. Kepuasan Pasien Rumah Sakit. JMPK. Volume 07 (No. 04) : halaman (189-194).
Tjiptono. F & Diana, A. 2001. Total Quality Management. Yogyakarta: Penerbit ANDI. p. 101-105.
Tiana, RA & Anna, WW. 2012. Analisis Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Kualitas Pelayanan Farmasi Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Wahab Sjahranie Samarinda. Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.
Wahdi, Nirsetyo. 2006. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhu Kepuasan Pasien Sebagai Upaya Meningkatkan Loyalitas Pasien. Tesis. Universitas Diponegoro. Semarang.p. 1-97
Universitas Padjadjaran. Bandung. p. 10.
Rahman, Abdul. 2006. Mengukur Kepuasan Pelayanan Publik Institusi Pemerintah: Studi Kasus pada BUMN PT. Jamsostek (PERSERO). Jurnal Ilmu Administrasi. Volume VI No. 2 Tahun 2009: Hal. 1-20.
Septini, Renni. 2012. Analisis Waktu Tunggu Pelayanan Resep Pasien Askes Rawat Jalan di Yanmasum Farmasi RSPAD Gatot Subroto 2011. Tesis. Universitas Indonesia. Depok. p. 28-29.
Sittasari, N. 2013. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Pengiriman Produk pada Perusahaan Antarmitra Sembada Purwokerto.Karya Tulis Ilmiah. Akademi Farmasi Kusuma Husada Purwokerto. Purwokerto. p. 21- 25.
Tjiptono, F & Diana, A. 2001.Total Quality Management. Yogyakarta: Penerbit ANDI. p. 101-105.
Ariadi, H. 2005. Persepsi Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Dokter Ditinjau Dari Karakteristik Dan Mutu Pelayanan Dokter Di Instalasi Rawat Jalan RSI Sunan Kudus Tahun 2005. Tesis. Universitas Diponegoro Semarang. p. 1-103.
Febriani. 2012. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi pada Pasien Poliklinik Rawat Jalan Rumah Sakit Dr. Cipto Mangunkusumo Jakarta). Skripsi. Universitas Diponegoro. Semarang.
Handayani, RS., Raharni., Gitawati, R. 2009. Persepsi Konsumen Apotek Terhadap Pelayanan Apotek Di Tiga Kota Di Indonesia. Makara, Kesehatan. Volume 13 ( No. 1 ) : halaman ( 22-26 ).
Harianto, Khasanah, N., Supardi, S. 2005. Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Resep Di Apotek Kopkar Rumah Sakit Budhi Asih Jakarta. Majalah Ilmu Kefarmasian. Volume II ( No. I ) : halaman ( 12-21 ).
Hermanto, D. 2010. Pengaruh Persepsi Mutu Pelayanan Kebidanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Kebidanan Di RSUD Dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Bulungan Kalimantan Timur. Tesis. Universitas Diponegoro Semarang. p. 1-120.
Notoatmodjo, S. 2002. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta. Rineka Cipta. p 116-136.
Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2014, Tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit; Jakarta.
Sittasari, N. 2013. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Pengiriman Produk pada Perusahaan Antarmitra Sembada Purwokerto. Karya Tulis Ilmiah.Akademi Farmasi Kusuma Husada. Purwokerto. p. 18-21.
Subekti, D. 2009. Analisis Hubungan Persepsi Mutu Pelayanan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Balai Pengobatan (BP) Umum Puskesmas Di Kabupaten Tasik Malaya Tahun 2009. Tesis. Universitas Diponegoro Semarang. p. 1-156.
Sulistyawati, NLM, dkk. 2010. Hubungan Kualitas Pelayanan Farmasi Rawat Jalan Terhadap Kepuasan dan Keputusan beli Ulang Obat Di IFRS Jala Ammari Makasar. Tesis. Universitas Hasanudin. Makasar.
Suryawati, Chriswardani. 2004. Kepuasan Pasien Rumah Sakit. JMPK. Volume 07 (No. 04) : halaman (189-194).
Tjiptono. F & Diana, A. 2001. Total Quality Management. Yogyakarta: Penerbit ANDI. p. 101-105.
Tiana, RA & Anna, WW. 2012. Analisis Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Kualitas Pelayanan Farmasi Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Wahab Sjahranie Samarinda. Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.
Wahdi, Nirsetyo. 2006. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhu Kepuasan Pasien Sebagai Upaya Meningkatkan Loyalitas Pasien. Tesis. Universitas Diponegoro. Semarang.p. 1-97
Universitas Padjadjaran. Bandung. p. 10.
Rahman, Abdul. 2006. Mengukur Kepuasan Pelayanan Publik Institusi Pemerintah: Studi Kasus pada BUMN PT. Jamsostek (PERSERO). Jurnal Ilmu Administrasi. Volume VI No. 2 Tahun 2009: Hal. 1-20.
Septini, Renni. 2012. Analisis Waktu Tunggu Pelayanan Resep Pasien Askes Rawat Jalan di Yanmasum Farmasi RSPAD Gatot Subroto 2011. Tesis. Universitas Indonesia. Depok. p. 28-29.
Sittasari, N. 2013. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Pengiriman Produk pada Perusahaan Antarmitra Sembada Purwokerto.Karya Tulis Ilmiah. Akademi Farmasi Kusuma Husada Purwokerto. Purwokerto. p. 21- 25.
Tjiptono, F & Diana, A. 2001.Total Quality Management. Yogyakarta: Penerbit ANDI. p. 101-105.
Diterbitkan
2022-07-25
##submission.howToCite##
Rahayu, N. R., & Ifandi, S. (2022). ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN FARMASI TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT UMUM NIRMALA PURBALINGGA TAHUN 2015. Jurnal Estu Utomo Health Science, 16(02), 1-8. Diambil dari https://ejurnal.stikeseub.ac.id/index.php/JEU/article/view/795
Terbitan
Bagian
Articles